Tuesday, August 2, 2011

Install printer PIXMA IP1980 di ubuntu 10.10

Hufh.... akhirnya, ketemu juga tuh cara insatal driver printer Canon IP1980 di netbook ane. Setelah muter-muter di kawasan kokrosono Semarang cariin Bang Sokhibi pemilik Istana Media Go Open Source yang katanya kemerin dapet printer gratis dari costumer newbie Linux yang malas lobi mbah google. Bukanya nanya dulu, eeeeeeh malah beli printer dua-duaan, dikira printernya rusak wktu g bisa buat ngeprint di ubuntunye. Singkat cerita doi dapet printer gratis tuh, karena uda settingin printer punya juragan.
Okelahkalobegitu, langsung aja disimak neh konfigurasi canon IP1980 :
  1. Donlod n install libcupsys2_1.3.9-17ubuntu3.9_all.deb disini, trus langsung az dobel klik kaya di windows mode
  2. Install driver printer yang udah disediaken ama canon di dalam sini  
  3. Ekstrak driver tadi di folder home, ganti nama file jadi printer
  4. Buka terminal (ctrl-alt-t) ketik cd printer/
  5. Masih di terminal kemudian ketik perintah sudo dpkg -i *.deb
  6. Tunggu sampai proses selesai, kemudian ketikan perintah lagi sudo apt-get -f install
  7. Langkah terakhir konfigurasikan printer ubuntu di system > administration > printing, pilih canon ip1900 atau langsung colokan aja printer yang sudah keadaan menyala, maka akan terdeteksi aplet printer pada panel yang menandakan printer telah siap untuk digunakan.
  8. Buka dokumen, kemudian print(ctrl-p) berhasil tidaknya tergantung amal perbuatan hehehe...
Mulailah mengerjakan tugas-tugas dan pekerjaan dengan secangkir kopi ditemani wanita cantik sekretaris kesayangan anda. Jangan pernah khawatir sistem operasi komputer anda mengalami gangguan virus-virus cinta atau tidak bisa tidur gara-gara razia software bajakan tempo hari, karena sekarang anda memakai sistem operasi yang berlisensi GNU Linux.

vs

Ataukah anda orang kaya yang selalu bilang "software saya asli", beralihlah ke opensource yang free dan terbuka maka uang yang anda keluarkan guna membeli lisensi bisa untuk upgrade hardware yang makin cepat dan ciamik sekarang ini hehehe....

No comments:

Post a Comment